Jumat, 28 November 2014

AVOGADRO



Avogadro adalah software kimia gratis, open source, tersedia dalam berbagai paltform sistem operasi merupakan editor molekul yang dirancang untuk digunakan secara fleksibel dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait lainnya. Avogadro yang tersedia dapat dijalankan pada sistem Windows, Linux, dan Mac OS X. Kode sumber sumber tersedia di bawah GPL GNU. Menurut saya aplikasi ini sangat bagus dengan kelebihan ukuran filenya sangat kecil (tidak lebih dari 10 MB). Tampilan yang bagus dan sudah bisa dihandle oleh perangkat keras kebanyakan sekarang.
Apa yang dapat dilakukan Avogadro?
  • Dapat melakukan pengunduhan secara langsung dari PDB (protein data bank) atau PubChem (database dari molekul kimia dan aktivitasnya terhadap uji biologis).
  • Inovatif “auto-optimation”, alat yang memungkinkan Anda untuk terus membangun dan memodifikasi, selama optimasi mekanika molekular.
  • Antarmuka untuk banyak paket komputasi umum.
  • Plugin yang memungkinkan Avogadro untuk diperpanjang dan disesuaikan.
  • Embedded interpreter Python.
  • Terjemahan tersedia dalam 19 bahasa lebih, termasuk antar muka juga sudah bisa berbahasa Indonesia, tersisa hanya beberapa bagian saja yang belum dialihbahasakan.
  • Cross-Platform: Molekul pembangun / editor untuk Windows, Linux, dan Mac OS X.
  • Intuitif: Dibangun untuk dapat digunakan dengan mudah bagi mahasiswa dan peneliti lebioh lanjut.

Bagaimana cara menggunakannya ?
1. Pertama kita buka aplikasi Avogadro maka akan mucul tampilan sebagai berikut ini.
 
2.Bila dirasa background hitam dirasa kurang menarik maka kita bias merubahnya dengan cara View menu set background color. Pilih warnayang Anda kehendaki.
 
3. Untuk memulai membuat bentuk molekul, pertama adalah klik tool settings. Kemudian baut garis dilayar makan akan terbentuk struktur molekul.
 
4. Untuk mengubah tampilanm dari molekul kita dapat mengubahnya di pengarutan alat bantu, maka akan terdapat banyak pilihan disisni juga dapat digunakan unsure karbon dan jenis ikatan dari molekul
 
Missal molekul diubah menjadi Van Der Waals adalah sebagaui berikut
 
Cara Instal progam ini ada beberapa cara yaitu
1. Membuka terminal dengan cara ketik Ctrl+Alt+T
    Sudo apt-get update
    Sudo apt-get install Avogadro
2. Membuka Ubuntu Software →Scince & Engineering→Chemistry→Avogadro
sumber :

0 komentar:

Posting Komentar